Dulu saya pernah menulis tentang  PENGENALAN DUNIA RPG MAKER. Di situ saya menjelaskan sebuah software untuk membuat game RPG secara sederhana. Pada masa tersebut software RPG Maker adalah software yang cukup mahal harganya sehingga banyak developer Indonesia yang mencuri-curi cara lain agar tetap dapat membuat game walau dompet masih tipis.

Namun saat ini, telah hadir (sebenarnya sudah cukup lama) RPG Maker yang benar-benar FREE. Bukan software yang dipaksakan Free seperti sebelumnya, RPG Maker VX Lite digratiskan oleh EnterBrain untuk dapat menarik peminat software mereka lebih banyak lagi.

download-logo-vx-ace-lite.png

Sayangnya free di sini akibat banyak fitur yang dihilangkan oleh pihak developer. Untuk mengakses Full Version dari VX Ace tetap harus berbayar. Tapi cukuplah untuk sekedar mencoba-coba.

Versi Terakhir sebenarnya ada RPG Maker MV. Dengan penyempurnaan lebih baik, scripting yang lebih stabil, dan pengalaman beberapa tahun mengembangkan RPG Maker sebelumnya menjadikan RPG Maker ini siap beradaptasi dengan perkembangan game saat ini. Engine MV sudah mendukung pengembangan game di Android secara Otomatis.

Jika tertarik mencoba RPG maker VX Lite secara gratis, anda dapat mendownloadnya di link berikut: http://www.rpgmakerweb.com/download/free-programs/rpg-maker-vx-ace-lite/download-rpg-maker-vx-ace-lite