PENGENALAN DUNIA RPG MAKER


Saya tidak tahu apakah saya harus menjelaskan versi yang mana, tetapi seperti yang telah saya tulis sebelumnya masing- masing versi RPG Maker memiliki penggemar tersendiri, dan saya adalah salah satu pengguna yang menyukai versi RPGM2k (RPG Maker 2000). Jadi, saya akan mencoba menjelaskan lingkungan software RPGM2k . Tapi jika ada yang ingin penjelasan versi lain, saya tidak keberatan untuk menjelaskannya juga (tenang … saya multi engine user…).

Sebenarnya pada dasarnya semua versi yang ada di windows sama saja, hanya saja beberapa fitur hanya dimiliki oleh satu atau dua versi RPGM. Jadi jika setelah mempelajari satu versi RPGM, maka saya rasa tidak akan sulit untuk mempelajari versi lainnya.

 

Beberapa istilah yang sering muncul :

Engine
Mengacu kepada jenis versi RPGM yang digunakan, misalkan engine 2k, 2k3, XP, dan VX (sama saja dengan versi RPGM).

Resource
Bahan-bahan yang digunakan dalam sebuah game. Jika ada alat (software RPGM) maka aka nada bahan yang digunakan. Bahan-bahan itu terdiri dari gambar, musik, animasi, suara, film, dan lainnya.

RTP
Bahan standar yang telah disediakan oleh pihak pembuat RPGM itu sendiri. Jika anda masih belum mengerti cara pembuatan resource game atau malas membuatnya maka gunakan saja RTP. Beberapa game yang dibuat dengan RTP memerlukan RTP ini sebelum dapat dijalankan di computer. RTP ini terpisah dengan engine RPGM itu sendiri, jadi anda bisa menginstall RTP hanya untuk menjalankan sebuah game buatan RPGM.

Mapping
Ini adalah proses pembuatan sebuah dunia game itu sendiri. Misalnya membuat rumah beserta perabutnya,gunung dengan berbagai gua, atau sebuah kota.

Layer
Lapisan dalam proses mapping yang pada dasarnya (setiap engine berbeda2 cara mappingnya) layer terdiri atas layer background, layer objek, dan layer event.

Event
Adalah sesuatu yang berguna dalam menjalankan game tersebut. Hal – hal yang termasuk event : Hero (karakter yang player gerakkan), NPC (karakter yang otomatis digerakkan computer seperti manusia, hewan, monster, atau mobil), gerakkan, percakapan, benda (seperti harta dalam peti, lemari yang terbuka), dan lainnya.

Script
Ini khusus ada pada RPGM XP dan VX. Sebagai pengolah arsitektur game, pengganti event, mengatur hal yang tidak bisa diatur hanya dengan event atau konfigurasi biasa (misalnya membuat ukuran layar menjadi seperti Nintendo DS / dual screen). Dengan adanya fitur ini game RPGM menjadi tidak monoton dan lebih kreatif.

Data base
Sebuah tempat pengaturan dan penyimpanan data tentang game tersebut. Contohnya : nama hero, jumlah kekuatan hero, skill, nama monster, dan banyak lagi yang lain.

 

MENURUT SAYA


Saya tidak bilang semua game harus selalu begitu. Ini hanya sebuah gambaran saja tentang bagian dari game rpg yang akan dibuat.

Download RPG Maker 2000!

DOWNLOAD!

RTP Standard English!

DOWNLOAD!

Saya tidak tahu apakah saya harus menjelaskan versi yang mana, tetapi seperti yang telah saya tulis sebelumnya masing- masing versi RPG Maker memiliki penggemar tersendiri, dan saya adalah salah satu pengguna yang menyukai versi RPGM2k (RPG Maker 2000). Jadi, saya akan mencoba menjelaskan lingkungan software RPGM2k . Tapi jika ada yang ingin penjelasan versi lain, saya tidak keberatan untuk menjelaskannya juga (tenang … saya multi engine user…).

Sebenarnya pada dasarnya semua versi yang ada di windows sama saja, hanya saja beberapa fitur hanya dimiliki oleh satu atau dua versi RPGM. Jadi jika setelah mempelajari satu versi RPGM, maka saya rasa tidak akan sulit untuk mempelajari versi lainnya.

Beberapa istilah yang sering muncul :

Engine

Mengacu kepada jenis versi RPGM yang digunakan, misalkan engine 2k, 2k3, XP, dan VX (sama saja dengan versi RPGM).

Resource

 

Bahan-bahan yang digunakan dalam sebuah game. Jika ada alat (software RPGM) maka aka nada bahan yang digunakan. Bahan-bahan itu terdiri dari gambar, musik, animasi, suara, film, dan lainnya.

RTP

 

Bahan standar yang telah disediakan oleh pihak pembuat RPGM itu sendiri. Jika anda masih belum mengerti cara pembuatan resource game atau malas membuatnya maka gunakan saja RTP. Beberapa game yang dibuat dengan RTP memerlukan RTP ini sebelum dapat dijalankan di computer. RTP ini terpisah dengan engine RPGM itu sendiri, jadi anda bisa menginstall RTP hanya untuk menjalankan sebuah game buatan RPGM.

Mapping

 

Ini adalah proses pembuatan sebuah dunia game itu sendiri. Misalnya membuat rumah beserta perabutnya,gunung dengan berbagai gua, atau sebuah kota.

Layer

Lapisan dalam proses mapping yang pada dasarnya (setiap engine berbeda2 cara mappingnya) layer terdiri atas layer background, layer objek, dan layer event.

Event

 

Adalah sesuatu yang berguna dalam menjalankan game tersebut. Hal – hal yang termasuk event : Hero (karakter yang player gerakkan), NPC (karakter yang otomatis digerakkan computer seperti manusia, hewan, monster, atau mobil), gerakkan, percakapan, benda (seperti harta dalam peti, lemari yang terbuka), dan lainnya.

Script

Ini khusus ada pada RPGM XP dan VX. Sebagai pengolah arsitektur game, pengganti event, mengatur hal yang tidak bisa diatur hanya dengan event atau konfigurasi biasa (misalnya membuat ukuran layar menjadi seperti Nintendo DS / dual screen). Dengan adanya fitur ini game RPGM menjadi tidak monoton dan lebih kreatif.

Data base

 

Sebuah tempat pengaturan dan penyimpanan data tentang game tersebut. Contohnya : nama hero, jumlah kekuatan hero, skill, nama monster, dan banyak lagi yang lain.

GRAFIK MENURUT SAYA

 

Saya tidak bilang semua game harus selalu begitu. Ini hanya sebuah gambaran saja tentang bagian dari game rpg yang akan dibuat.

3 pemikiran pada “PENGENALAN DUNIA RPG MAKER

Tinggalkan Balasan

