Mobile Legends : MOBA di Handphone


Saat ini sedang naik-naiknya industri video game pada platform smartphone. Dengan semakin berkembangnya teknologi sebuah smartphone yang telah menyetarai bahkan melebihi performance desktop computer atau console, jenis video game yang hadirpun semakin beragam dan berkembang. Kemampuan touchscreen, sensor, konektivitas internet, dan update software yang dinamis membuat genre-genre yang dulunya hanya ada di pc atau console dapat hadir di smartphone. Salahsatu genre tersebut adalah MOBA (Multiplayer Online Battle Arena).

Lesley Mobile Legends ItemUntuk saat tulisan ini dibuat, judul game yang sedang tenar di Indonesia adalah Mobile Legends. Hampir setiap tempat yang saya temui ada saja orang yang sedang memainkan game ini. Seperti zamannya dulu hype nya Clash of Clans atau CoC. Perbedaannya pada MOBA kali ini supportnya lebih besar dan batasan waktu bermainnya tidak ada. Jika pada CoC kita harus membangun pasukan dahulu, tapi di game Mobile Legends ini seseorang bisa bermain 24 jam nonstop (ya bisa, bisa gila wkwk).review-gameplay-hero-baru-lancelot-mobile-legends.jpg

Jika menyebutkan MOBA tidak dapat terpisahkan dari yang namanya DOTA. Game ini dahulunya hanya sebuah map custom di game Warcraft III Frozen Throne, lalu berkembang menjadi sebuah game tersendiri di DOTA 2. Untuk beberapa tahun game DOTA 2 tersebut semakin berkembang sebagai e-sport yang mendunia dan menciptakan turnamen-turnamen internasional dengan hadiah yang luar biasa.

Tapi roda terus berputar, ketika kemunculan beberapa game MOBA di smartphone seperti Mobile Legend, AOV, Heroes Evolved, Vain Glory membuat para pemain DOTA beralih ke platform yang lebih ringan. Ada banyak alasan yang membuat mereka termasuk saya sendiri pindah. Bagi saya bermain DOTA yang satu gamenya itu bisa satu jam lebih terlalu menyita waktu luang saya yang semakin sedikit (sudah umuran hhaha).

miya-mobile-legends-pentakill.jpg

Awalnya saya tidak mengira bahwa sebuah MOBA dapat berjalan lancar dan mulus dalam sebuah smartphone, karena kontrolnya berbeda. But its works! Feelingnya hampir sama, keseruan untuk bertanding dengan tim dan mengalahkan tim lawan dapat dirasakan di mana saja dengan mobilitas ponsel genggam yang ada saat ini.

Balmond-Mobile-Legends-cv.jpgSaya tidak jago bermain game ini, tapi ya minimal dasar-dasarnya bisa lah. Hero yang saya suka dari game mobile legend ini awalnya miya dan balmond, karena dua hero itu yang saya pakai untuk menaikkan rank saya di awal-awal mulai game. Saya tidak terlalu membaca deskripsi skillnya, langsung main saja karena sudah pernah main MOBA juga sudah tau objectivesnya apa.

Ke sini-sini mulai dapat lawan yang jago di Rank, maka saya belajar pakai lancelot dan lesley. Waktu itu lesley baru awal-awal keluar jadi bisa pakai hero itu gampang banget menangnya, tidak seperti sekarang hhaha. Sekarang dua hero itu hampir kena banned terus, jadi ya sudahlah saya pakai apapun yang tidak dibanned. Game ini sepertinya agak susah kalau naikkan rank secara solo, bisa tapi sering dapat teman yang AFKnya -_-“.mobile_legends__lesley_by_ceridwenart-dc1033q.jpg

 Overall game ini cukup seru untuk dimainkan. Bahkan teman-teman saya yang sebelumnnya tidak bermain DOTApun ketagihan bermain game ini. Mungkin karena kemudahan mengakses dan mempelajarinya, tidak seperti DOTA 2 yang cukup ribet buat pemain baru jika tidak tahun skill-skill hero nya.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.