The Sims 3


TS3_ReflectGame keluaran MAXIS ini memang bisa membuat ketagihan. Sayangnya publishernya EA yang punya sistem kurang ajar untuk menguras uang gamer. Di steam sale kemarin saya beli game ini untuk memainkannya lagi, tapi hanya versi originalnya, untuk DLC nya saya pikir lain kali saja. Harga DLC nya kalau tidak sedang diskon menurut saya tidak masuk akal, sekitar 150 s.d. 200rban. Harga segitu bisa untuk membeli game lainnya secara full.

ss_sims3.png
Sora Astral lagi bobok

Salahsatu keunggulan sims 3 dibandingkan sims 4 yang sudah rilis adalah open worldnya. Saya lebih menyukai sims 3 karena tidak banyak loading screen sehingga interaksi terkesan lebih luwes. Selain itu opsi lingkungannya (untuk tanpa DLC) lebih mudah dipahami semua kalangan. Pada SIms 4, jenis pekerjaan dan skillnya lebih kekinian sehingga untuk beberapa tahun lalu belum bisa diterima di lingkungan Indonesia. Misalnya pekerjaan sebagai e-sport player, stand up comedian, dll. Tapi mungkin untuk tahun ini Sims 4 lebih realistis dengan keadaan sekarang. Simpulannya sih dua game tersebut memiliki cita rasa yang jauh berbeda, sehingga tidak dapat dipilih salahsatu, harus dimainkan dua-duanya.

Untuk sistem permainannya, saya menyukai gameplay yang fokus pada lifetime wish terlebih dahulu. Biasanya saya mengambil lifetime wish dalam pekerjaan, misalnya dalam skenario di atas saya memilih menjadi super spy alias lv 10 dalam karir kepolisian.

purchase_lot.png
Pemilihan tempat tinggal

Pada awal permainan kita pilih rumah yang telah difurninsh saja biar tidak bingung. Tetapi jika mau membeli lot kosong juga tidak masalah jika ingin menghabiskan waktu dengan mendesain-desain dahulu. Hanya saja perlu diingat jangan sampai over budget sehingga peralatan pokok tidak terpenuhi seperti tempat tidur, kitchen set, bathroom set, dan skill set. Tidak disarankan untuk membeli rumah kosong, karena furniture yang dapat dibeli harganya tidak akan jauh berbeda dengan membeli lot furnished.

 

Selanjutnya kita fokus pada pengembangan skill penunjang karir. Langsung saja ambil The_Sims_3_Refresh_Coverjob di koran atau datang ke tempat kerjanya untuk bergabung. Lalu saya biasanya langsung menghentikan langganan koran dengan cara call service dari telepon. Koran-koran bekas yang menjadi sampah di depan rumah menurut saya salahsatu hal mengganggu.

Gunakan library, gym, atau community lot lainnya untuk meningkatkan skill secara cepat. Beli buku di toko untuk skill yang ingin dipelajari. Untuk job tree spy karena dulu saya sudah pernah memainkannya maka saya sudah tahu bahwa job ini memerlukan skill logic dan athletic. Maka saya membaca buku logic lv 1 di library dan membeli buku logic lv 2 atau 3 di toko untuk menaikkannya. Athletic bisa dinaikkan di gym, tetapi kadang itu merepotkan jadi saya membeli treadmill agar lebih efisien (nanti bisa dijual kalau sudah jarang dipakai). Lalu requirement untuk cepat promosi lainnya adalah report. Ini memerlukan komputer set untuk menulis laporannya, jadi usahakan beli dulu komputer dengan budget yang ada. Poin-poin selanjutnya seperti itu menyesuaikan dengan lifetime wish apa yang kita ambil. Biasanya 2 s.d. 3 hari kita pasti promosi, jika beberapa opportunity diambil dan jangan bolos kerja.

soras_lifetime wish.png

Nah jika sudah mendapatkan karir level 10 dan lifetime wish sudah tercapai, pendapatan household harusnya sudah tinggi dan poin lifetime rewardnya sudah cukup untuk mendapatkan reward-reward yang berguna dalam game. Dengan modal tersebut baru saya mencoba hal-hal lain dalam game seperti mencari pasangan atau membuat keluarga, menaikkan skill sampai master, mengoleksi item, mencari uang, bersosialisasi, investasi, dan lainnya.

Sebagai catatan gameplay di atas digunakan dengan beberapa setting tertentu. Maksudnya jika settingnya berbeda, kemungkinan ini tidak dapat diterapkan. Settingan tersebut yang pertama adalah kita membuat karakter baru dan hanya membuat satu. Lalu lifespan juga saya naikkan  atau disable aging di posisi young adult atau adult. Jika tidak, karakter kita bisa keburu tua sebelum mendapatkan banyak hal. Terakhir yang jelas memainkan tanpa cheat codes.

life span.png

Sims 3 ini memang kaya akan fitur yang akan sangat panjang jika dibahas dalam satu post. Di posting berikutnya akan saya bahas lebih detail untuk fitur-fitur yang saya anggap menarik. Game ini memang membuat ketagihan dengan berbagai hal yang dapat dieksplor dan berbagai skenario yang berubah-ubah.

The_Sims_3_Installation.png

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.