5 Kemampuan yang harus dipelajari anak magang


Iseng-iseng melihat para anak magang atau PKL yang keluar masuk silih berganti di kantor saya membuat saya ingin membahas tentang mereka.

Saya sering merasa tidak suka melihat anak para internship ini kebingungan dengan apa yang harus mereka lakukan, sementara di kantor saya para pegawai juga terlihat cuek untuk membimbing mereka. Ada beberapa kali saya coba memberikan sedikit arahan pada mereka, dengan hasil yang berbeda-beda. Secara gasir besar ada lima hal yang menurut saya harus mereka pelajari dari lingkungan kerja.

  1. Komunikasi

top_5_communication_tools_2017_personal_professional_setting.pngDi lingkungan kerja mayoritas memiliki rentang usia yang beragam. Hal ini berbeda dengan lingkungan sekolah atau kuliah yang biasanya memiliki usia yang sama rata sehingga komunikasi yang terjalin akan lebih mudah dipahami. Para insternship ini harus dapat mempelajari bagaimana cara berkomunikasi dengan rekan yang senior, para junior, para atasan, dan unsur-unsur lainnya.

Beberapa kekeliruan yang sering saya lihat dari mereka adalah menganggap rekan kerja yang mungkin kerjanya di bidang lapangan seperti petugas kebersihan, satpam, atau ob itu berada di derajat bawah sehingga cara mereka berkomunikasi menjadi tidak sopan. Lalu biasanya seiring berjalannya waktu ketika sudah mulai mengenal mereka terkadang jadi sok asik atau ada juga yang istilahnya ngelunjak.

Tempat kerja merupakan rumah kedua bagi para pegawai karena hampir sebagian besar waktu kami akan dihabiskan di sana. Perlakukan orang-orang di sana sebagai keluarga kita, karena merekalah yang berada di dekat kita ketika kita mengalami kesulitan di jam kerja.

2. Tanggung Jawab

Dunia kerja sama halnya dengan kehidupan bermasyarakat, di mana tiap pegawai memiliki tanggung jawab terhadap tugas dan fungsi yang diberikan pada dirinya. Lebih jauh lagi bagi para atasan memiliki tanggung jawab atas bawahannya. Hal ini yang harus dipelajari karena tidak mungkin tugas kantor dikerjakan oleh para orang tua bukan?

3. Mindset

Pola pikir pekerja sudah berbeda dengan para pelajar. Di sini akan terlihat bahwa setiap pekerja memiliki prioritas yang berbeda-beda, ada yang lebih mengutamakan pekerjaan, keluarga, uang, pendidikan, dan lain-lain. Mungkin ini bisa jadi gambara bagi para anak magang, ingin seperti apakan mereka nanti.

Screen-Shot-2015-11-27-at-11.37.21.png

4. Team Work

Ini sudah dipelajari oleh mereka sejak di bangku sekolah dengan dibuatnya kelompok-kelompok belajar. Ada pemimpin dan yang lain mengikuti, ada pembuatan keputusan berdasarkan aturan atau musyawarah, dan ada tanggung renteng atau korsa dalam dunia militer. Perbedaannya lingkup team work di dunia kerja akan lebih luas lagi, tidak hanya satu individu dengan individu  lain, tetapi bisa dari satu bidang dengan bidang lain, divisi dengan divisi lain, atau kantor tersebut dengan pihak eksternal.

5. Manajemen Waktu

main-qimg-65611da088ebe23c3065813a49eb3fcc-c.jpg

Masalah yang dihadapi semua kantor adalah bagaimana para pekerjanya dapat memanfaatkan waktu secara efektif. Waktu yang diberikan tuhan adalah 24 jam dalam sehari, tidak ada perbedaan tiap manusia. Tapi bagaiman mereka menghasilkan output yang berbeda-beda adalah hasil dari penggunaan manajemen waktu yang tepat.


Sekian lima hal yang menurut saya harus dipelajari internship dalam masa waktu yang terbatas. Bukan sebuah tugas harian atau laporan yang mungkin hanya berguna satu kali saja.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.