Kemenkeu? Worth it?


Di Indonesia, sejarah pengelola keuangan pemerintahan sudah ada sejak masa lampau. Tiap pemerintahan, dari zaman kerajaan sampai sekarang, memiliki pengelola keuangan untuk dapat melaksanakan pembangunan perekonomian di pemerintahannya. Pengelolaan keuangan pemerintahan disini meliputi semua milik pemerintahan atau kekayaan yang dimiliki oleh suatu pemerintahan. Keuangan yang dikelola berasal dari masyarakat yang berupa upeti, pajak, bea cukai, dan lain-lain.

Sebagai bagian dari suatu pemerintahan, Kementerian Keuangan merupakan instansi pemerintah yang mempunyai peranan vital di dalam suatu negara untuk melakukan pembangunan perekonomian. Pembangunan ekonomi akan berjalan lancar apabila disertai dengan administrasi yang baik dalam pengelolaan keuangan negara. Peranan vital Kementerian Keuangan adalah mengelola keuangan negara dan membantu pimpinan negara dalam bidang keuangan dan kekayaan negara. Oleh karena itu, Kementerian Keuangan dapat dikatakan sebagai penjaga keuangan negara (Nagara Dana Raksa).

Sama seperti organisasi atau perusahan lain, Kemenkeu tidak hanya diisi oleh orang-orang di bidang ekonomi saja. Banyak profesi yang diperlukan untuk menjalankan tugas dan fungsi Kementerian Keuangan. Walaupun memang sebagian besar jurusan-jurusan yang berbau ekonomilah yang banyak masuk.

Di Kemenkeu terdapat empat jenis sumber pegawai (sejauh yang saya lihat). Pertama pegawai ikatan dinas (sering disebut anak prodip) yang berasal dari Sekolah Tinggi Akuntansi Negara atau saat ini disebut PKN STAN. Lalu ada dari penerimaan umum yang diisi oleh SMK, Diploma, dan Sarjana dengan berbagai bidang. Berikutnya ada pegawai dari pengangkatan honorer. Pegawai ini biasanya sudah senior-senior, karena untuk saat ini Kemenkeu tidak membuka penerimaan dari jalur ini lagi. Terakhir adalah PNS dari Instansi lain, dapat dari eselon I yang lain atau benar-benar dari luar Kemenkeu.

Dari empat jalur tersebut bisa diambil simpulan, untuk dapat masuk ke organisasi ini peluang terbesar adalah ikuti ikatan dinas di STAN atau kuliah di PT lain lalu ikuti penerimaan cpns umum. Dua jalur ini bisa dibilang cukup kompetitif. Peminatnya banyak tetapi yang lolos sedikit. Bahkan ada yang mecoba berkali-kali, artinya bertahun-tahun ikut tes untuk dapat lolos.

Pertanyaannya mungkin, cukup setimpalkah kita berjuang masuk ke dalam organisasi ini? Apa yang akan kita peroleh dengan mengorbankan waktu dan tenaga kita? Saya pikir jawabannya relatif. Coba banya artikel ini,

Sri Mulyani: Jika Mau Kaya Jangan Kerja di Kemenkeu

Saya setuju dengan isi artikel tersebut. Kemenkeu memberikan apa yang saya sebut cukup untuk kebutuhan sehari-hari, tetapi jika anda ingin kekayaan yang lebih bukan di sini tempatnya. Pegawai baru kemenkeu setelah sampai pada tahap menerima gaji dan tunjangan full, ia harusnya sudah memiliki penghasilan yang lumayan agar dia bisa fokus pada pekerjaannya. Setiap tahun penghasilan tersebut akan naik sesuai regulasi, tetapi tidak akan terlalu signifikan. Penghasilannya akan naik lumayan signifikan jika ia diberi tanggungjawab atau pekerjaan yang lebih pula, misalnya promosi atau pejabat fungsional.

Beralih ke hal lain selain materi, bekerja pada Kemenkeu memberikan beberapa benefit lain. Yang pertama, organisasi kemenkeu memiliki struktur yang bisa dibilang terbaik di jajaran kementerian lembaga lainnya. Sehingga pola karir di instansi ini lebih jelas dan pasti. Jika anda yang menginginkan sebuah kepastian dalam jenjang karir hidup anda mungkin Kemenkeu adalah salahsatu pilihan.

Benefit kedua, adalah pendidikan. Terdapat beberapa beasiswa yang ditawarkan bagi pegawai di lingkungan Kemenkeu. Baik itu degree maupun non degree. Beberapa pegawai kemenkeu ada yang dari awal memang memilih masuk instansi ini untuk mengincar beasiswanya. Bayangkan saja, anda dapat pendidikan ke luar negeri dan gratis, siapa yang tidak mau.

Masih banyak kelebihan lain dari instansi ini dibanding yang lain. Tetapi di mana ada kelebihan di situ pasti ada kekurangannya juga. Untuk yang satu itu mungkin bisa anda cari tahu sendiri. Untuk anda yang berminat mencoba atau penasaran dengan apa yang saya sampaikan, silakan bergabung dengan Kemenkeu. Berikut Link rekrutmen Kemenkeu jalur Umum untuk tahun 2017.

21367020_1373731989391523_352043219149138340_o

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s