PS2 · UNCATEGORIZED

Final Fantasy XII


Sudah lama tidak bermain game ini, saya coba memainkannya lagi di emulator untuk PC yaitu pcsx2. Dahulu ketika memainkannya saya mencoba versi yang original. Pada kali kedua ini saya memainkan Final Fantasy International atau Zodiac System. 

Final_Fantasy_Xii_International_Jap.jpg
Cover Game Fisik

Pada versi Zodiac ini, terdapat perbedaan yang cukup signifikan. Yang pertama adalah pemilihan zodiac pada tiap-tiap karakter. Zodiac ini semacam job system yang menentukan skill, armor, weapon, dan grid tiap karakter. Pemilihan zodiac ini hanya ada di awal saja, ketika karakter itu baru bergabung Jadi sangat penting untuk merancang dahulu karakter apa akan dijadikan seperti apa. Jangan sampai seperti saya, asal pilih saja dan baru ngeh bahwa karakter saya kebanyakan serangan fisiknya, magicnya heal-heal doang :X.

ff12-boards2.jpg
Ada 12 Zodiac Job System yang bisa dipilih

Fitur kedua adalah 2x speed button pada L1. Menjadikan game ini bisa dijalankan lebih cepat. Sangat berguna untuk grinding atau bagi yang tidak mau menikmati jalan-jalan santai di tengah game. Melihat ini saya pikir game ini memang diberikan untuk para gamer yang telah memainkan versi originalnya. Karena gamer yang telah memainkan game versi original dan ingin memainkan kembali sebuah game biasanya lebih suka menikmati sequence-sequence yang penting saja seperti story atau boss battlenya.

maxresdefault.jpg

Selain dua fitur tersebut ada juga beberapa perubahan lain seperti esper bisa dikendalikan, guest dapat dikustomisasi, beberapa musuh diubah tingkat kesulitannya, kecepatan respawn monster dipercepat, jar atau kotak harta yang random, beberapa skill dan item baru, serta gambit baru.

Basch (Samurai). Ashe (Knight). Balthier (Machinist)

Grinding2… sebelum ke geruvegan…

Game Final Fantasy ini juga hadir di PS4. Untuk versi Playstation 4 nya ia hadir dengan dirender ulang atau remastered untuk memberikan grafis yang lebih baik.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s