Restarting…


Woohh sudah lebih dari setahun saya tidak posting di blog ini. Tapi alhamdulillah masih ada yang mampir saja. Entah itu karena mencari informasi yang ada di sini, atau cuman mau numpang promosi, atau bisa jadi karena tersesat hhahaha.

Seperti judulnya, dengan muncul postingan ini saya ingin memulai lagi menulis di sini tapi dengan sudut pandang yang berbeda. Sebelum-sebelumnya saya menulis ketika masih berstatus sebagai pelajar atau mahasiswa. Kali ini saya coba menambahkan sudut pandang seorang pekerja. Ya walaupun masih magang dan gajinya masih dirapel :3.

Ada beberapa hal yang saya lihat ketika sudah memasuki dunia kerja. Hal pertama adalah ketika kamu harus bekerja dan mengikuti rutinitas pekerjaan kamu setiap harinya, akan ada hal-hal yang mau tidak mau kamu tinggalkan. Ini akan terjadi atas dorongan lingkungan yang baru. Misalnya saya dulu sering atau bahkan hampir tiap hari begadang, kadang-kadang sampai tidak tidur semalaman dan baru tidur sehabis solat subuh. Tetapi karena sekarang lingkungan saya mengharuskan masuk kerja jam 7.30 dan semua pegawai mengikuti aturan itu, secara ajaib kebiasaan begadang sayapun hilang. Tadinya saya pikir hanya saya saja yang begitu, tapi teman saya yang magang juga ternyata sama. Satu hal saya pelajari, lingkungan sekitar memiliki power yang besar untuk mengubah entitas-entitas di dalamnya.

Hal yang kedua, tren yang saya lihat saat ini jiwa muda mulai memasuki dunia kerja. Dulu saya berpikir orang kantoran itu pada serius-serius dan kaku. Nyatanya sekarang hampir semua kantor ada gamernya, pecinta anime atau cosplay, wota, dan semacamnya yang biasanya identik dengan kaula muda. Bisa jadi beberapa dekade ke depan yang nonton idol grup sudah pada ubanan semua wkwkwkwk.

Tapi yang paling mencolok dari dunia kerja menurut saya adalah adanya tanggung jawab penuh terhadap diri sendiri. Berbeda ketika masih kuliah, tanggung jawab seorang mahasiswa masih dibagi antara dirinya sendiri dan orang tua. Ketika di kantor atau tempat kerja ada masalah, ya kita harus bisa selesaikan sendiri. Tapi tenang, asalkan kitanya tidak macem-macem sesuai yang diajarkan disekolahan, harusnya kita juga tidak akan sering-sering didatengin masalah.

Tinggalkan Balasan

