Proxy pada firefox


Proxy secara harafiah berarti hak untuk melakukan demi yang lainnya. Lalu apa hubungannya dengan firefox? Dalam dunia Internet, proxy berarti membuka jalan atau akses untuk menggunakan jalur koneksi milik orang lain. Dengan begitu si pengguna proxy dapat menyamarkan keberadaannya atau anonymous browsing.

Hal ini terjadi ketika proxy digunakan maka ip address berubah mengikuti settingan proxy yang dipakai. Analoginya seperti orang yang memakai topeng. Efek lain dari penggunaan proxy, kecepatan internet bisa saja naik tapi bisa juga turun. Walaupun naik, kecepatannya tetap terbatas oleh kapasitas kecepatan modem, lokasi server dan sinyal yang didapat (bila wireless). Tapi kegunaan proxy yang paling banyak dibutuhkan penggunannya adalah untuk membuka akses ke situs-situs yang diblokir.

Cara penggunaan proxy ini bermacam-macam, tapi karena yang paling mudah dan paling umum adalah menempelkannya pada browser. Kali ini saya menggunakan firefox versi 19.0.2, berikut langkah-langkahnya:

1. Cari settingan proxy

Anda bisa googling sendiri, atau gunakan dua situs ini http://www.hidemyass.com/proxy-list/ dan http://spys.ru/en/ .

Di sana terdapat daftar setting proxy beserta fitur-fitur yang dimilikinya. Pemilihannya tergantung dari tujuan kita menggunakan proxy, tapi tips yang paling mendasar adalah pilih yang bar hijau atau koneksinya masih sehat (jika di hidemyass).

Yang perlu kita ambil adalah ip dan portnya. Contohnya jika di spys.ru adalah 85.158.185.183:3128 yang menandakan ip 85.158.185.183 dengan port 3128.

2. Buka menu setting proxy di firefox

Klik Menu button firefox > Option > Option
Klik Menu button firefox > Option > Option
ProxyFF_Image 2
Pilih tab Advanced > tab Network > Settings…

3. Masukkan settingan yang didapat dari website sebelumnya.

Yang perlu diperhatikan, ada kemungkinan setting yang dimasukkan penuh atau gangguan sehingga malah membuat koneksi tidak bisa dipakai. Coba lagi setting proxy yang lain atau jika ingin mematikan dulu proxynya pilih pilihan No Proxy.

 

ProxyFF_Image 3
Saya memasukkan setting dari 85.158.185.183:3128

Jalur proxy ini kondisinya tidak akan selalu sama, jadi mungkin saja saat ini dipakai kencang tetapi besoknya malah tidak bisa diakses samasekali. Biasanya jalur proxy hanya bisa bertahan sehat selama 1 jam. Jadi untuk penggunaan yang lebih lama anda perlu mengganti berulang-ulang setting proxy, atau menggunakan aplikasi tambahan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s