Berdasarkan penelitian Kaspersky, sepanjang kuartal tiga 2012 jumlah spam yang menyasar surat elektronik menurun. Rata-rata penurunannya sebesar 71,5%. Menyusutnya jumlah spam yang beredar ini diperkirakan terjadi karena rendahnya aktivitas bisnis selama musim panas. Selain itu, Kaspersky juga menduga terjadi pergeseran iklan dari email, ke media lain. Pergeseran ini terjadi lewat iklan berbahaya di banner situs, media sosial, layanan kupon, dan iklan kontekstual.

Spam Menyusut, Tapi Makin Berbahaya

Meski demikian, tingkat bahaya spam yang beredar naik dari 3% ke 3,9%. Sebab peneliti Kaspersky menemukan bagaimana penjahat cyber menyamarkan pesan spam sehingga tampak seperti notifikasi resmi. Padahal email palsu ini terlihat seperti dikirim oleh hosting provider, sistem perbankan, jejaring sosial, toko online dan berbagai layanan lainnya. Padahal email-email ini hanyalah teknik penipuan belaka.

Pada kuartal ini pula perlu diperhatikan email yang mengaku dari layanan kupon. Salah satu yang jadi alibi mereka adalah email dari Groupon. Spammer mengambil keuntungan dari popularitas layanan kupon ini untuk menyebarkan tautan dan lampiran berbahaya. lampiran dan link yang mereka berikan akan mengarahkan kamu ke situs-situs jahat yang bakal menginfeksi komputermu.

Dilihat dari sisi regional, Asia menempati posisi pertama sebagai lokasi penyebaran spam terbanyak di seluruh dunia (49,50%). Amerika Serikat menempati posisi dua dengan 27%. Amerika Latin di posisi ketiga (7,34%), di posisi keempat Eropa Barat (6,86%), dan Eropa Timur (3,64%).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s