Jika anda pelanggan layanan internet speedy seperti saya mungkin anda akan mengalami masalah seperti ini, yaitu tiba-tiba url website tertentu tidak bisa diakses.

Dari url terlihat bahwa browser seperti di-redirect ke situs lain. Dalam kasus saya adalah situs kemendiknas. Saya tidak mengerti apakah ini memang sengaja, ada error pada servernya, atau sebuah program yang belum jadi. Tapi yang jelas ini tidak menyenangkan bagi user.

Terlihat ada url http://jardiknas.kemdiknas.go.id di browser.

Saya menemukan dua solusi. Yang pertama dengan menghapus semua cookies, history, dan cache browser. Dan yang kedua dengan menambahkan tanda tanya “?” setelah url, atau menambahkan karakter lain yang hasilnya sama seperti “index.php”. Contohnya seperti ini:

Saya tambakan tanda tanya setelah url.

Pada awalnya saya kira ini adalah masalah browsernya, tapi mengganti browser sampai tiga kali meyakinkan saya ini bukan terletak pada browsernya. Lalu saya berpikir mungkin sejenis trojan atau malware. Namun hasilnya nihil setelah saya melakukan beberapa pengetesan. Bahkan dua solusi di ataspun hanya bisa mengobati sementara. Kadang masalah timbul lagi dengan url berbeda. Akhirnya saya menyimpulkan masalah ada pada jaringan internetnya dengan alasan masalah ini hanya terjadi pada pengguna speedy.

Tinggalkan Balasan

