Notebook atau netbook saat ini rata-rata sudah dilengkapi dengan hardware wireless di dalamnya. Inilah yang bisa anda gunakan untuk mendapatkan jaringan internet hotspot atau jaringan LAN Wireless tanpa terkoneksi pada Internet.

Fungsi dari LAN ini yaitu salah satunya untuk sharing file. Bisa juga dimanfaatkan untuk bermain game multiplayer seperti DOTA dan CS. Untuk lebih lanjutnya bisa digunakan untuk membuat hotspot sendiri (sharing koneksi internet).

Buka Control Panel (di sini saya gunakan Win 7).

Pilih Network and Internet.

Lalu pilih Network and Sharing Center.

 

Pilih Set up a new connection or network.

Pilih pilihan yang paling bawah, set up a wireless ad hoc.

Akan muncul informasi mengenai apa itu ad hoc. Kurang lebih isinya seperti ini:

  • Jaringan ad hoc adalah jaringan sementara yang digunakan untuk berbagi file, presentasi, atau koneksi Internet antara beberapa komputer atau perangkat lain yang mendukung.
  • Jarak maksimal antara satu komputer dengan komputer lainnya adalah 30 kaki.
  • Jika anda sedang menggunakan jaringan wireless saat membuat baru/set up ad hoc ini, maka anda akan otomatis dari jaringan anda tersebut.

Selanjutnya lanjutkan proses dengan mengklik tombol next.

Langkah berikutnya adalah memberi nama jaringan yang akan dibuat beserta opsi keamanannya. Untuk nama jaringan tidak ada batasan tertentu. Di sini saya coba namai dengan nama “LAN Sora Astral”.

Pada gambar di atas, security type saya pilih open / no authentication alias tanpa perlindungan password, siapa saja yang ingin masuk ke jaringan anda dapat bebas masuk. Gunakan jika anda berada di tempat pribadi yang tidak banyak orang menggunakan laptop atau tempat yang anda yakini aman, seperti rumah.

Pada gambar selanjutnya saya memilih WEP sebagai keamanannya. Ini adalah sistem keamanan yang lama. Tingkat keamanannya sudah tidak terlalu aman karena sudah banyak cara untuk membobol jaringan tersebut. Tetapi jaringan ini mendukung perangkat wireless lama.

Lalu security key saya masukan kata “password”. Ini adalah kata kunci yang harus dimasukkan pengguna jaringan untuk dapat masuk pada jaringan ad hoc kita. Di sebelahnya ada opsi hide characters yang berguna untuk menyembunyikan kata password jika kita tidak ingin ada yang melihat kata tersebut saat anda sedang mensetup jaringan (proses yang sedang anda lakukan).

Hasilnya seperti di atas jika opsi hide characters.

Selanjutnya adalah keamanan WPA atau WPA2-Personal. Ini adalah sistem keamanan terbaru yang lebih ketat dari WEP. Sangat dianjurkan menggunakan keamanan ini. Kekurangannya adalah sistem ini tidak mendukung perangkat wireless lama. Tetapi sepertinya ini tidak akan menjadi masalah dengan banyaknya perangkat terbaru yang muncul dengan perangkat wireless terbaru pula.

Centang Save this network agar jaringan yang kita buat akan terus ada pada settingan wireless kita nantinya. Kecuali jika jaringan yang kita buat hanya akan digunakan satu atau dua kali saja.

Saat muncul tampilan di atas berarti jaringan anda telah siap dipakai. Anda bisa mengeceknya pada icon wireless di taskbar. Pastikan bahwa wireless adapter anda dalam keadaan on atau menyala dan windows tidak men-disable device tersebut.

Klik icon wireless (gambar computer abu-abu yang disebelahnya seperti ada garpunya).

Terlihat bahwa anda telah terhubung dengan jaringan yang baru saja dibuat yaitu LAN Sora Astral. Di bawahnya terdapat jaringan milik saya juga yang artinya kita dapat membuat banyak jaringan dengan settingan yang berbeda. Taetapi kita hanya dapat terkoneksi pada satu jaringan saja pada satu waktu.

5 pemikiran pada “Membuat Jaringan LAN Wireless (Win 7)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s