Mungkin untuk sebagian orang istilah AR (Augmented Reality) ini agak asing di telinga. Namun jika melihat contoh-contohnya anda pasti tahu. Teknologi ini salahsatu teknologi luar biasa yang telah dihasilkan oleh peradaban manusia sekarang.

Dewasa ini kita mengenal satu dunia yang disebut dunia maya sebagai hasil rekayasa imajinasi manusia. Dunia maya ini memiliki karakteristik yang menembus batas-batas kenormalan yang ada di dunia nyata. Ini berdasarkan ide kreatif dan pola pikir si pengembang. Dengan kemampuan yang cukup sang develop atau creator mampu menciptakan sebuah dunia virtual yang seharusnya tidak ada menjadi ada. Berbagai contohnya adalah dunia film animasi, dunia game, dan dunia internet.

Lalu bagaimana hubungannya dengan augmented reality? Augmented reality adalah penggabungan dua dunia, yaitu dunia nyata dan dunia maya. Tetapi di sini kita lebih berfokus pada penambahan objek dunia maya pada dunia nyata. Bisa dilihat dari gambar Virtuality Continuum berikut perbedaannya.

Salahsatu contoh penggunaannya yang sekarang banyak digunakan adalah sebagai media iklan. Jika kita menonton sebuah pertandingan sepakbola sering telihat iklan pada layar di pinggir lapangan. Sebenarnya iklan itu tidak terjadi secara nyata di stadion tersebut. Hanya penonton televisi saja yang melihatnya. Ini dikarenakan stasiun televisilah yang menambahkan gambar iklan tersebut sebagai obyek maya pada siaran sepak bola yang diterimanya.

Ilustrasi

Contoh lainnya adalah pada pembuatan film atau siaran acara tv khususnya berita, seperti berita laporan cucaca di mana sanga pembawa acara terlihat seperti berada di atas sebuah peta untuk menunjukkan prakiraan cuaca yang akan disampaikan. Istilahnya adalah layar hijau atau green screen. Dengan menggunakan latar belakang layar besar berwarna hijau polos, kita dapat mengganti latar belakang tersebut dengan tampilan lain secara digital. Dengan sedikit teknik pengaturan cahaya, kontras, dan warna bisa didapat sebuah gambar yang hampir tidak terlihat bahwa gambar tersebut memiliki unsur dunia maya di dalamnya. Penggunaan augmented reality ini tidak terpengaruh apakah akan digunakan untuk jangka waktu yang akan datang atau secara realtime di saat pengambilan gambar itu juga.

Masih banyak lagi penggunaan tekonologi AR ini di kehidupan sehari-hari. Para pengembang mencoba berbagai modifikasi untuk menciptakan alat yang dapat menciptakan dunia gabungan ini dengan manfaat yang dapat lebih dirasakan oleh masyarakat.

Dalam bidang medis AR juga digunakan dalam hal yang cukup penting. Contoh penggunaannya adalah pada pemeriksaan sebelum operasi, seperti CT Scan atau MRI, yang memberikan gambaran kepada ahli bedah mengenai anatomi internal pasien. Dari gambar-gambar ini kemudian pembedahan direncanakan. Realitas tertambah dapat diaplikasikan sehingga tim bedah dapat melihat data CT Scan atau MRI pada pasien saat pembedahan berlangsung. Penggunaan lain adalah untuk pencitraan ultrasonik, di mana teknisi ultrasonik dapat mengamati pencitraan fetus yang terletak di abdomen wanita yang hamil.

Berkembangnya ponsel pintar yang sangat luar biasa juga mendukung penggunaan AR. Banyak aplikasi yang mencoba menggunakan ide konsep AR sebagai dara pengembangan softwarenya. Dapat dimungkinkan tercipta sebuah teknologi yang mungkin tidak kita sebelumnya dapat dilakukan hanya dengan sebuah ponsel di tangan. Berbagai game juga dibuat dengan AR. Ini membuat genre atau gamestyle baru yang sebelumnya tidak ada di dunia game.

Salahsatu software yang menggunakan AR adalah sebuah software yang akan menampilkan informasi yang terkait dengan gambar situasi kota. Informasi tersebut dapat berupa informasi nama jalan, bangunan, adanya sebuah restoran, atau hal lainnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s