Bagi yang sering membuka facebook secara rutin via desktop mungkin saja sudah hapal bentuk dan letak-letak tampilan facebook. Mulai dari tampilan beranda, profil, foto, grup, sampai fan page. Tapi facebook juga sering mengupdate tampilannya secara signifikan atau sedikit demi sedikit. Kali ini facebook merubah secara signifikan tampilan profil para penggunanya menjadi sebuah bentuk dengan fitur yang developer facebook sebut “Timeline”.

Fitur ini sebenarnya sudah hadir beberapa bulan yang lalu dan sudah diperkenalkan Mark Zuckerberg di video ini. Namun baru akhir-akhir ini mulai menyebar di penggunanya.

Fitur ini dapat diaktifkan dengan menuju halaman profil pengguna yang sudah mengaktifkan Timeline Profile-nya, lalu menge-klik panduan yang ada di paling atas layar browser. Selanjutnya anda akan diarahkan ke halaman ini. Klik tombol di sudut kanan bawah untuk melihat tampilan profil anda yang dengan fitur timeline. Selanjutnya pilihan anda apakah akan mengaktifkannya atau tidak.

Contoh tampilan

Desain profil yang baru ini layaknya pedang bermata dua. Di satu sisi menjadi fitur unik yang menyegarkan para pengguna facebook, tetapi di sisi lain menjadi ancaman. Ancaman ini akibat dari sejauh mana fitur ini dapat memperoleh informasi tentang pengguna. Informasi tersebut bisa saja digunakan untuk hal-hal yang tidak baik.

Menurut pendapat penulis, dunia maya tidak jauh beda dengan dunia nyata. Akan selalu ada hal positif dan hal negatif. Tinggal bagaimana kitanya yang dapat menyaringnya sehingga kita hanya mendapat hal positifnya saja dan menjauhi hal negatif.

3 pemikiran pada “Timeline : Tampilan Profil Facebook terbaru

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s