Sora Astral Blog


Tulisan di bawah sangat tidak penting, jadi saya tidak bertanggungjawab jika anda membacanya.

Berawal tanggal 1 Januari 2009, saya iseng-iseng mencoba wordpres setelah sebelumnya saya membuat blog di blogger/blogspot. Sebuah posting yang isinya hampir seperti tweet atau curhatan facebook menjadi posting pertama blog ini. Sangat tidak penting, ya setelah posting otomatis hello world, posting kedua ini hanya menjadi sebuah testing saja.

Selanjutya saya mulai merancang beberapa posting untuk menentukan mau dibuat apa blog ini. Sedikit demi sedikit tampilan mulai terbentuk, posting-posting mulai bermunculan, walau pengunjungnya masih teman-teman sekolah saya saja.

Akhirnya setelah beberapa puluh tulisan. Pengunjung mulai naik secara signifikan.Minimal tiap jamnya ada dua pengunjung yang datang. Komentarpun bermunculan. Rankingpun mulai beranjak dari tadinya puluhan atau belasan jutaan. Dan kini, tiap jamnya bisa sepuluh orang pengunjung per jamnya. Dengan posting lebih dari seratus dan jumlah komentar melebihi seribu.

Saya tidak menyangka, sebuah blog yang saya buat dengan modal pengetahuan minim dan niat yang tidak sungguh-sungguh bisa aktif seperti ini. Sebenarnya yang saya harapkan hanyalah sebuah note digital yang menyimpan berbagai informasi yang bisa mengingatkan saya di kemudian hari.

Melihat antusias teman sekelas saya yang melihat blog saya, maka saya putuskan untuk memberikan sedikit misi lain untuk blog ini, yaitu berbagi. Ilmu atau pengalaman saya akan coba share ke ranah on line. Dan hasilnya lumayan memuaskan. Banyak orang-orang yang tidak saya kenal mulai mengajak diskusi atau sharing ilmu kembali kepada saya. Feedback dari orang-orang yang terbantu oleh postingan saya juga banyak.

Namun, dalam suatu hal tentu tidak segalanya mulus. Berbagai komentar yang tidak sedap mulai muncul dengan menggunakan pilihan kata yang tidak enak dibaca. Dengan menimbang hal tersebut saya putuskan untuk menyaring secara manual semua komentar blog ini. Ada beberapa komentar makian, hinaan, celaan, bahkan yang tidak jelas isinya apa.

Saya mengerti sebagian komentar tersebut merupakan ungkapan rasa tidak puas terhadap blog saya ini. Bukan saya tidak ingin memberikan apa yang mereka inginkan, tetapi disini saya hanya ingin sharing atau berbagi bukan serving atau melayani. Sudah jelas saya tidak mendapat bayaran apapun dari kegiatan blogging ini. Saya tidak memanfaatkan blog ini dengan menambah iklan seperti web lain karena tujuan saya memang bukan profit. Dan seperti yang saya bilang sebelumnya, kemampuan saya terbatas. Dan pengetahuan saya tentang kemampuan saya lebih terbatas lagi. Tapi ya sudahlah,salah satu hak asasi manusia untuk mengungkapkan pendapatnya.

Akhir kata, saya ingin bersukur bahwa blog ini bisa sedikit bermanfaat bukan hanya bagi saya, tetapi bagi orang lain. Dan saya minta maaf jika ada kata-kata saya selama ini yang menyinggung seseorang.

Sora Astral Blog

Regards,

Sora Astral.

4 pemikiran pada “Sora Astral Blog

  1. Aku jg pengen loh punya blog / site ato apalah nama nya yg buat konsumsi pribadi (hidden) /non publikasi skaligus buat penyimpanan file-file pribadiku yg bsa di akses kapanpun dan dimanapun diperlukan (harddisk online gitu).. Tp apa ada ya layanan yg kayak gitu? Tolong donk kalo Sora punya info ato petunjuk.. Thx ya

    1. WordPress ini bisa melakukannya. Blog wordpress terbagi 3: Blog umum yang masuk search engine (google,yahoo,bing), blog umum tapi tidak ditemukan oleh search engine, dan blog yang hanya bisa dimasuki orang tertentu (pribadi).

Tinggalkan Balasan

