Menurut pandangan saya setiap manusia terdiri atas tiga unsur. Ketiga unsur tersebut yaitu body yang meliputi semua fisik manusia secara kasat mata. Mind, pikiran manusia yang menggerakkan roda kehidupan manusia tersebut. Dan terakhir soul, jiwa yang terdapat jauh di dalam hati manusia.

Body Mind and Soul

Ketiga unsur tersebut memiliki sifat, fungsi, efek, karakteristik, dan struktur yang berbeda-beda, tetapi ada lama sebuah kesatuan yang saling berhubungan. Setiap perubahan dari unsur tersebut akan mempengaruhi kedua unsur yang lainnya.

Body

Body memiliki sifat yang real. Artinya dapat dilihat secara nyata dan mudah untuk diketahui dari luar. Body ini meliputi dari ujung rambut sampai ujung kaki.  Berfungsi sebagai eksekutif atau pelaksana dari berbagai perintah yang dikirim oleh mind. Beberapa karakteristik body adalah stamina, kelincahan, kekuatan, ketahanan, kecepatan, dan kelenturan. Sakit yang diderita body akan berfek secara logic. Contohnya jika terkena sayatan akan berdarah dan jika terbentur akan benjol. Body memerlukan asupan makanan secara nyata pula, berupa makanan yang terdapat di seluruh permukaan bumi.

Mind memiliki sifat abstrak tetapi masih agak mudah diketahui atau diterka isinya dari luar. Mind ini diciptakan oleh salah satu bagian body, yaitu otak. Mind muncul bersamaan dengan body ketika seorang manusia terlahir ke bumi karena mind perlu mengatur seluruh organ tubuh manusia mulai dari jantung, paru-paru, urat nadi, sampai ke bagian terkecil yaitu sel. Bisa dikatakan mind berfungsi sebagai badan legislatif tubuh manusia karena mindlah yang memiliki wewenang memutuskan apa yang harus dikerjakan body. Karakteristik mind hanya ada sedikit, yaitu tergantung penilaian IQ. Sakit yang dialami mind biasanya disebabkan oleh sakit yang dialami body.

Beberapa contoh sakit mind karena body adalah amnesia karena kepala terbentur,

stroke yang menyebabkan hilangnya kendali organ tubuh, dan pusing karena sakit gigi. Bisa juga rasa sakit mind diakibatkan oleh soul, misalnya penyakit gila. Mind tidak memiliki makanan untuk mepertahankan dirinya

Mind

seperti body, tetapi ia hanya perlua waktu istirahat untuk dapat kembali aktif secara maksimal.

Soul juga memiliki sifat yang abstrak sama seperti mind. Akan tetapi tidak diketahui kapan soul muncul pada seorang manusia. Soul muncul saat seseorang telah dapat menyimpan memori ingatan kehidupannya. Soul tidak memiliki struktur yang jelas, atau bahkan memang tidak memilikinya samasekali. Karakteristik soul adalah semua kata sifat yang dapat ditujukan pada manusia, seperti baik hati, sabar, pemberani, pemalu, pesimis, egois, iri, pemarah, penyayang, dan penolong. Penyakit soul memiliki faktor dan bentuk yang berbeda-beda pada tiap manusia. Dan penyakit tersebut juga dapat termasuk ke dalam karakteristik soul. Soul tidak memerlukan makanan apapun untuk tetap ada.

Ketiga hal tersebutlah yang membentuk seorang manusia. Bukan manusia jika ia tidak memiliki ketiga unsur tersebut. Contohnya  benda, gunung, dan air yang hanya memiliki body. Lalu robot dan hewan yang hanya memiliki body and mind. Orang gila masih disebut sebagai manusia karena ia masih memiliki soul, hanya saja soulnya tidak sinkron dengan mind sehingga tidak teratur.

Original by Sora Astral

Please CMIIW (Correct Me If I’m Wrong…)

6 pemikiran pada “Body, Mind, and Soul

    1. iya bro, di beberapa pendapat lain sifat manusia digolongkan pada mind sedangkan soul itu benar2 murni… tapi menurut logika ane sih, misalnya robot dia punya mind komputerisasi tapi gk punya sifat kayak manusia…
      ada jg menambahkan unsur spirit, tpi sekali lgi gk masuk logika ane… karena spirit itu kan semangat, klo diartikan ruh itu jg sama aja dgn soul…

  1. hmm,. tuh kan bervariasi pendapatnya,.
    ini menurut saya sendiri lho ya,.
    manusia ada body, mind(otak), soul, spirit,.
    body udah tahu lah,.
    mind, itu yang bagian berpikir yaitu otak, sifat, respon, kelakuan n koordinasi semua disini,. kalo mind rusak jadi kayak orang telmi, keterbelakangan mental,.
    soul, itu yang memberi watak (termasuk sifat), menyangkut takdir, jalan hidup, warna spirit, jenis spirit,. nggak punya soul kayak orang gila,.
    spirit, ruh, yang ini murni, semua orang sama, yaitu nyawa bagi tiap orangnya,. punya body, mind dan soul, tanpa spirit, sama aja kayak orang mati,.

    waduh kepanjangan,.
    oh iya, link kesini sudah saya pasang di halaman depan bro, silahkan di cek,.

    1. Tadinya saya jga penasaran dgn spirit tpi saat saya berpikir, spirit yg disebut fitrah manusia itu adalah bagian dari soul jg. Di tulisan ini saya sebenarnya tidak menghilangkan spirit samasekali, akan tetapi menggabungkannya pada soul. Jadi saat seseorang meninggal, yg diambil adalah soulnya.

      Andaikan saja saya mengambil 4 unsur dan menambahakan spirit, saya akan kebingungan menulis postingan ini. Karena pada spirit apa yg harus saya terangkan ttg sifat, fungsi, efek, karakteristik, dan strukturnya? Itulah alasan awal saya hanya memilih 3 unsur…

      Linknya sudah dari kemarin saya pasang juga… di tempat yg sama…

  2. Soal link, maaf ya, saya kemarin nggak lihat, terlalu semangat pengen tukar link, hehe,.
    Hmm, benar juga, kalau diterangkan soal sifatnya itu susah, jadi panjang nanti pembahasannya perlu pendalaman di metafisik dan religi jadinya,.
    Ng, maaf, komentar saya bukan ada maksud untuk menyalahkan atau mendebat, tapi lebih bersifat ke diskusi,. Saya suka berdiskusi tentang filosofi, magis, dan hal yang berbau spiritual,. Maaf kalau ada salah kata bro,.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s