WebP sebagai format baru file gambar


WebP (read:weppy) adalah format gambar baru untuk web yang dinilai bisa mengurangi ukuran file lebih baik. Menurut percobaan yang dilakukan oleh Google, dengan mengonversi 900.000 file gambar menghasilkan ukuran rata-rata file 39,8% lebih kecil dibanding format jpeg. Format ini menggunakan metode kompresi gambar yang digunakanvideo coded VP8 dan berbasis pada RIFF. Para webmaster, web developer dan browser developer dapat menggunakan format WebP untuk membuat website yang lebih cepat dan ringan.

Dengan kehadiran format baru WebP, ada kemungkinan format paling populer saat ini yaitu jpeg bisa tergantikan. Namun, kita tunggu saja perkembangannya dari  Google.

Informasi lebih lanjut dan bila ingin mencoba format tersebut anda bisa mengunjungi situs http://code.google.com/speed/webp/.

2 pemikiran pada “WebP sebagai format baru file gambar

  1. Oom, cara download-nya gimana ya, maksudnya musti disimpan dimana itu file2 codec, zip nya, terus kenapa waktu codecnya mau diinstall, koq gak bisa ya, katanya: file bla..bla..bla failed to register. Itu artinya apa ya Oom? Makacih

    1. Pertama pilih codec sesuai os yg kita pakai, anggap saja windows maka download file ini : http://code.google.com/p/webp/downloads/detail?name=WebpCodecSetup.exe

      Setelah itu file berformat *.webp akan terbaca di explorer.

      Untuk membuat file berformat webp tersebut kita bisa menggunakan aplikasi image seperti photoshop atau gimp. Tetapi kita harus menginstall dahulu plugin pendukungnya.

      Untuk Photoshop = http://telegraphics.com.au/sw/#webpformat atau GIMP = http://registry.gimp.org/node/25366

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s