Cloud Storage dan Cloud Computing


Ada satu kata yang sama pada kedua istilah ini, yaitu cloud (awan). Tapi apa yang dimaksud awan ini adalah jaringan internet. Sehingga kedua istilah ini merujuk pada sebuah proses yang melibatkan jaringan internet.

Cloud Storage

Cloud storage adalah sebuah model penyimpanan secara online di mana data disimpan pada alat penyimpanan virtual yang biasanya dikelola oleh pihak ketiga. Perusahaan hosting sebagai pihak ketiga mengoperasikan data sentral yang berkapasitas sangat besar sehingga dapat melayani para pengguna yang menyimpan data mereka ketika diperlukan. Secara virtual yang mengelola data tersebut adalah user yang menyimpan data tersebut lalu di balik layar data yang tersimpan di server akan dirawat secara terus menerus dan otomatis maupun manual agar data tetap aman dan utuh. Secara fisiknya data disimpan pada beberapa server sekaligus.

Kelebihan Cloud Storage :

  • User hanya membayar kapasitas penyimpanan yang benar-benar dipakai.
  • Pengguna tidak perlu membeli storage devices dan menginstall berbagai softwarenya.
  • Semua pemeliharaanya ditanggung oleh provider.

Contoh dari provider penggunaan cloud storage ini adalah Amazon S3 dan Windows Azure.

 

Cloud Computing

Cloud Computing adalah gabungan pemanfaatanteknologi komputer dan pengembangan berbasis Internet (‘awan’). Awan (cloud) adalah metefora dari internet, sebagaimana awan yang sering digambarkan di diagram jaringan komputer. Sebagaimana awan dalam diagram jaringan komputer tersebut, awan (cloud) dalam Cloud Computing juga merupakan abstraksi dari infrastruktur kompleks yang disembunyikannya. Ia adalah suatu moda komputasi di mana kapabilitas terkait teknologi informasi disajikan sebagai suatu layanan , sehingga pengguna dapat mengaksesnya lewat Internet (“di dalam awan”)  tanpa pengetahuan tentangnya, ahli dengannya, atau memiliki kendali terhadap infrastruktur teknologi yang membantunya.

Cloud storage masuk ke dalam teknologi cloud computing ini. Bedanya terletak pada penggunaan teknologi di mana cloud computing bukan hanya menyimpan tetapi kita juga bisa mengakses data untuk mengolahnya menggunakan aplikasi yang berada di awan. Teknologi ini sangat efisien dan praktis karena user dapat mengakses data dari mana saja asalkan ada device yang terhubung ke Internet. Namun pengguna memerlukan kecepatan koneksi yang baik agar proses tidak mendapatkan kendala dalam pengerjaanya.

Contoh dari cloud computing ini adalah Yahoo Mail, Gmail, Google Docs, dan OfficeLive.

Sumber : Wikipedia dan sumber lainnya.

7 pemikiran pada “Cloud Storage dan Cloud Computing

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s