Burn CD PSX dari File ISO


Yang terpenting pastinya adalah mendapatkan file ISO-nya terlebih dahulu… Anda bisa mendownloadnya di berbagai situs. Salah satunya :

1. Indowebster.com

Segala macam file ada di website ini termasuk file ISO PSX. Dengan fitur Search juga akan lebih memudahkan. Saya sertakan beberapa link di Indowebster :

2. Romulation.Net

Di sini bukan hanya ISO PSX tapi ROM untuk emulator lain juga banyak. Tapi untuk mendownload harus daftar dulu agar dapat poin yang digunakan untuk mendownload file – file berukuran besar termasuk ISO file.

3. PSP isoz

Di sini filenya disimpan di http://www.megaupload.com. Jadi kalau punya premiumnya lebih baik download dari sini. Karena MU sudah disuspend maka PSP isoz sepertinya tidak bisa jadi bahan referensi lagi.

Setelah didownload, tinggal buka filenya dengan alcohol (download!). Mount ke sebuah virtual drive.

Maka akan muncul drive berisi file – file seperti pada CD PSX biasa.

Lalu bakar atau burn File tersebut dengan software burning. Revisi dari tulisan sebelumnya, burn menggunakan NERO untuk PSX tidak disarankan karena seringnya bermasalah. Sebaiknya gunakan software pembakar selain NERO. Seorang anggota forum yang membahas ini juga menyarankan untuk membakar di kecepatan 4X. Dengan CD-R yang banyak dijual pasaran kadang terbaca walau tidak bisa bertahan lama.

56 pemikiran pada “Burn CD PSX dari File ISO

  1. AS-KUM Astral.. makasih dah dijawab, senang deh tnyata sih ada org yg mo peduli ngasih pencerahan.. ga sia2 deh (walo pun scara ga sengaja) kmrn aku nyasar di blog nya Astral ini.. Jadi pengen tau nih, Sora Atral ni cow pa cew? umur brp? posisi da dmana? trus, (yg paling aku penasaran neh) apa pernah maen LEGEND OF LEGAIA di PS? O.K’s .. salam kenal ya buat Astral
    WAS-KUM

    1. WAS KUM…
      haduhh kok pertanyaannya personal… hhahahah…

      Tapi oke saya jawab. Saya lelaki tulen (bukan lelaki BE A MAN!!!), baru punya KTP alias baru 17 tahun, posisi??? di depan komputer… tapi klo maksudnya daerah, deket bandung…

      LOG itu jaman SD kan… saya baru nyampe dapet miracle arts di ketiga charnya… mungkin dikit lg tamat, tapi lebih suka liatin temen yg namatin… hhahaha…

      Oh ya via FB aja… klik avatar di sebelah kanan biar langsung ke profile…

  2. AS-KUM.. ma’af Astral, avatar nya ga ada, mgkn krn saya onlen pke hp ga d komputer..
    oya, t-nyata Astral sih muda tho..? ad d Bdg? kalo saya d cicurug-Skbmi, tp asli na org Jatim.. saya salut dg anak muda yg ber-pengetahuan tp tetap santun kata-kata nya spt Astral ni.. saya sering jengkel nemuin user d media2 onlen skrg yg suka cuap2 sesuka udel nya sndr (mentang2 ga keliatan penampakan wajah nya kali ya..) Knp dg L-of-Legia? krn nama kamu: SORA (dan) ASTRAL.. ngingetin saya ama ASTRAL sword nya VAHN dan SORA si boss di floating castle.. mgkn, nama Sora Astral terinspirasi dri game itu ya?
    apa dugaan saya benar? ato cuman kebetulan aja..?

    1. saya gak bilang bandung, tapi deket kota itulahh… hhehe…

      memang banyak yg merasa dunia maya itu dunia bebas sehingga merasa bebas melakukan apa juga… padahal ini adalah bagian dunia nyata juga yg memiliki peraturan yg mesti ditaati juga…
      lihat postingan saya ttg hal itu https://soraastral.wordpress.com/2010/05/14/internet-sehat/

      Klo Astral Sword saya rada inget tapi boss yg namanya Sora saya gak inget… Nama Sora berasal dari Kingdom Hearts (PS2), sedangkan Astral dari jurus sebuah game RPG Maker buatan Divine Light (org Indo) beberapa tahun lalu…

      Ohh… dari HP. Klik ini aja http://www.facebook.com/sora.astral

  3. Cara mudahnya file .cue (bukan file.bin) tinggal bakar aja pk software burning, sy pk Nero bisa. File ISO PSX yg berupa compressan tggl diekstrack dan file .cuenya tggl dibakar jd g usah di mount. Makasih

    1. iya tapi hanya untuk beberapa jenis ekstensi saja… saya jg klo musti cepet memang pake winRAR aja, tapi biar gak boros ruang dan aman dari virus saya mount…
      hasilnya ke list dengan baik…

      terima kasih juga atas masukannya.

      1. hmm.. begitu, jadi CD yang seperti apakah yg bisa dipakai untuk game tersebut supaya dapat dimainkan di mesin PS itu? apakah CD-R biasa? atau yang bening putih sama item itu maksudnya gimana saudara astral?

      2. quick copy maksudnya gak pake cache, kan file isonya emang udah ada di komputer jadi gak perlu takut filenya corupt pas proses readnya…

        kecepatannya sih menurut saya bebas2 aja… cuman begini, semakin besar angkanya (misal 52x) maka kualitasnya akan semakin jelek tetapi proses burning semakin cepat…
        mungkin kenapa harus 4x karena CD itu akan dipake berulang2 di playstation… jadi perlu kualitas yg lebih…

  4. yng di maksud alcohol itu harus yang premium ya? soalnya g pake yang trial pas klik kanan file berformat iso disitu unmount dan mount nya terkunci gak bisa di buka. trus untuk file game psx berformat iso apa bisa langsung di bakar tanpa menggunakan alcohol terlebih dahulu??? bls..

  5. oh iya. kalo kita download game psx di internet biasanya kan gak ada s file systemnya? palingan yang ada file2 img,cue.sub. trus apa masih bisa di bakar tanpa file sytem? dan apa bisa jalan di psx?

  6. ada lagi nih,aku usah berhasil burn cd psxnya trus udah berhasil di mainin di mesin psnya.trus ada kejanggalan kenapa pas selesai main mau di save ke memory card gak bisa? padahal memory cardnya masih bagus? apa kah itu kekurangan dari burn sendiri? ada muncul tulisan bahasa inggris katanya gak bisa save ke memory? tolong pencerahannya?

    1. gan q mau tnya2 ma km q pngn bgt main game ps 1 dari mesin ps nya q dah download dan q bkar knp g bs d mainkan d mesin ps nya hiks3x
      no hp ku 087832155857

        1. jadi harus CD yg kayak apa gan? please sms k no ni gan 087832155857
          q butuh bgt bantuanmu gan,q tu dah berhasil sampai yang tulisan PS item

        2. jadi harus CD yg kayak apa gan? please sms k no ni gan 087832155857
          q butuh bgt bantuanmu gan q dah coba 5x gagal trus,q tu dah berhasil sampai yang tulisan PS item

        3. nah itu dia yg sampe sekarang ane jg nyari kgak ketemu2…
          yg ane tahu piringannya musti putih ato item (biasanya yg banyak beredar putih keijo2an)… klo yg keijo2an cuman bisa kebaca ma playstation rakitan yg casingnya transparan (yg ane pernah coba)…
          mungkin harus ditanyain ke para pembajaknya… hhehehe

  7. hmm.. misi mau tanya nie.. jenis file apalagi yg bisa d download n dimainin d emulator PSX selain file ISO? terus download yg tanpa daftar seperti d indowebster itu dimana ya? biar gak ribet.. d indowebster game ps1 nya g lengkap, bener gak?
    thx… mohon jawabannya..

  8. salam knal.. maw tny ni bro, kmrn w cb burn file gme ps1 file ny .bin
    w lgsg burn di cd ny.. liat dr forum” laen katanya tinggal diburn aja..
    lgsg bs dimaenin, tp kok, gak bs ya bro ?? ap ada cara” khususnya?
    mkasi sbelumnya bro sora astral.. 😀

      1. gan, cd-r kayak gitu carinya dimana? Sekalian, ane udah burn megaman legends 2 di cdr biasa tapi pas eksekusi di psx nya sendiri sering crash, itu kenapa ya?

  9. gue udah nyoba download game ps 1 digimon world 2 di indowebster dan isi file .bin langsung burn pake cd-r udah jd, gw coba di ps 2 eh ga bisa mulu.
    Kalau file .bin biar bisa dimainin gamenya gmn gan?

  10. halo saya mau tanya nih, saya download .iso chrono cross setelah dibuka di isobuster isinya cuma ada file system aja apa bisa di burn terus di maenin di console PSX ?

    tapi saya coba di emulator sih bisa jalan…

    nah di dalem file .iso game itu harus ada apa aja sih ?

  11. Assalamualaikum wr.wb.
    gan, ane pake cd-r merk verbatim. truz udah di-burn dengan kecepatan 4x, tapi stelah dicoba di mesin ps1 ane selalu muncul tulisan “Please insert a Playstation CD-ROM”
    mohon bantuannya..
    wassalamualaikum wr. wb.

Tinggalkan Balasan

