Tadinya ini adalah jawaban dari komentar postingan saya, tapi karena mungkin akan terlalu panjang untuk sebuah komentar jadi saya buat sebuah posting saja. Semoga dapat membantu.

Sebelum memasang pastikan dulu semua bahan sudah ada, yaitu :

  1. Joystick
  2. CD Driver (biasanya satu paket dengan joysticknya)
  3. Komputer (tentunya)
  4. Program / Game (di sini saya menggunakan epsxe)

Jika sudah siap, kita mulai saja.

Masukkan CD Driver ke dalam CD ROM drive, install drivernya. Biasanya bernama Setup.exe atau Setup.msi, pokoknya yang berekstensi *exe atau *msi.

Setelah penginstallan selesai, pasang joystick melalui port yang ada, misalnya

port USB. Di sini saya menggunakan joystick buatan itech dengan desain stick PS2.

Setelah dipasang tunggu beberapa saat hingga muncul pop up di kanan bawah, yg isinya kalau tidak salah “your hardware were istalled and ready to use” pokoknya isinya sekitar itu. Jika port yg digunakan bukan USB harus pakai Add Hardware dulu.

Cek di control panel > Printer and other hardwares > Game Controllers. Jika sudah tertulis dan OK maka stick siap digunakan. Jika ingin mengatur settingan stick, pengaturan getar misalnya klik properties.

Sekarang kita beralih ke software. Jalankan epsxe. Pilih menu Config > Game Pad > Port 1 > Pad 1. Muncul gambar stick PSX. Di situ tertulis tombol apa saja yg digunakan jika menggunakan keyboard. Karena saya ingin menggunakan joystick maka tombol2 itu harus diubah.

Klik huruf / tombol keyboard lalu tekan tombol yg digunakan pada joystick. Misalnya, secara default select adalah tombol C, klik pada C (dengan pointer mouse), lalu klik tombol select pada joystick (dengan jempol). Nanti huruf C itu akan berubah sesuai kode pada joystick.

Setelah semua tombol diganti, coba mainkan gamenya…

FAQ

T : Di mana download drivernya?

J : Saya hanya punya driver untuk joystick yang saya miliki jadi mungkin tidak akan berhasil untuk joystick anda.

T : Tidak apa-apa. Saya coba dulu saja.

J : http://www.ziddu.com/download/10295076/Drv_TwinUSBJoystick.rar.html

T : Kok tiba-tiba ada peringatan harus install directX?

J : Lanjutkan saja, di komputer saya juga begitu.

T : Tidak mau ah, saya mau install directXnya, boleh minta link downloadnya?

J : Ya sudah. Ini http://bit.ly/gfYlvR.

T : Aduh masih gak jalan nih.

J : Makan dulu sanah ada tai ayam special… hhahaha

T : -_-“

J : Coba di tempat lain >> Coba di OS win 7 atau yang beda >> Komplain ke toko tempat beli >> masih gk bisa juga??? >> Banyak berdoa ma ibadah (mungkin anda kurang beramal… wkwkwk)

217 pemikiran pada “Cara install joystick (untuk epsxe)

  1. Aneh emang aneh gan, joystick saya bisa dipake diaplikasi lain tanpa emulator sperti daemon, pas gue download emulator karna ingin main ps1 eh joystik gak fungsi. Padahal di keybord bisa. Aneh.. Gue pake joys K-0ne 0s win 7.

    Ada saran?

  2. Gan klo px saya pas USBnya di colokin malahj keluar tulisan “USB not recognized”padahal drivernya dah diinstall.Menurut agan gimana tuch apanya yang salah….??? Tolong yach

  3. gan gue udh install driver, directx, tp kgk bs…? knp gan….? pas gue jlanin pes 2010 kgk brfungsi joystick gue…? wktu gue install ddriver dy mnta direct tp direct gue udh versi 9.0 dy mnta yg 7.0 gmn gan…? pas gue install yg direct 7.0 kgk bs gan…?

  4. kk . aku g ngerti .. aku pas itu g ada aku instal .. lagu colok dan main … tapi pas tekan tombolnya aneh ” oper bola lupis .. hbis th pas aku instral drivernya ku gnti smua .. pas main di game g berfungsi tpi di unistal bru bisa .. tanpa instal itu pun salah ” aneh” tekan tombolnya .. gimana yah kak

  5. Kang Sora saya mau tanya, saya kan pnya joystick 2 type single kalau aku pasang 1 sih normal maennya, tpi kalau aku coba untuk maen berdua dengan nancepin joystick satunya kok yang ngontrol permainannya jdi joystick yg baru ditancepin + yg ngontrol pemainnya jadi joystick 1 semua (jadi player 1 dan 2 hanya digerakan 1 stick). gimana kalau gitu Kang? apa masalahnya coba?

  6. Gan, ini kenapa waktu config controller ga bisa di edit ya? jadi kalo misal select itu jadi huruf C, waktu saya klik huruf C trus saya pencet select ga ngaruh apa2

  7. kalau cuman untuk tes getar saya tau..pakai software usb network,
    pertannyaan saya saat saya main resident evil 5 atau naruto strom 3 brush,battle field getar nya ga ada..
    atau egak game kecil aja kaya harvesmoon saat mancing juga ga getar..
    intinya mau tanya itu..
    saya tanya di blog mana ga ada yg bisa kasih jawaban yg di tanya,link aja boleh copas..
    jawaban nya hanya coba pake software usb vibration,mungkin blm di setting..
    mohon pencerahannya thx

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s