Beranda » PERSONAL » KNOWLEDGE » Apa itu APBN?

Apa itu APBN?


Sering kita dengar istilah APBN pada acara berita di tv atau artikel di koran-koran. Mungkin sebagian dari kita hanya mengetahui bahwa APBN ini pokoknya berkaitan dengan uang. Di sini saya ingin mengulas secara ringkas apa itu APBN dan apa pentingnya bagi kita.

Rupiah

APBN merupakan singkatan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara. Ruang lingkupnya terdapat dua pandangan, yaitu dalam arti sempit dan arti luas. Dalam arti sempit APBN ini merupakan semua pendapatan,  belanja, dan pembiayaan negara, yang dalam hal ini negara diartikan sebagai pemerintah. Nah, kalau dalam arti luas ditambahkan berupa kekayaan negara yang dipisahkan. Contoh kekayaan yang dipisahkan ini adalah investasi pada BUMN (Badan Usaha Milik Negara) misalnya PLN (Perusaah Listrik Negara).

Maaf jika bahasanya terlalu baku, tapi memang pada dasarnya bahasa kita adalah seperti itu. Oke selanjutnya kita harus tahu apa arti pendapatan, belanja, dan pembiayaan dahulu. Saya coba beri contoh masing-masing.

Pendapatan, ini bisa dalam bentuk macam-macam. Tapi kita membedakannya dalam dua jenis yaitu pajak dan bukan pajak. Perlu kita ketahui bahwa pendapatan negara kita ini sebagian besar berasal dari pajak. Kalau menurut saya agak aneh juga, karena negara kita ini terkenal dengan sumber daya alamnya yang bisa menjadi pendapatan bukan pajak. Tetapi pendapatan tersebut tidak bisa mencapai maksimal dan masih kalah oleh pendapatan pajak.

Kedua adalah belanja. Pokoknya semua hal yang harus dibayar pemerintah mulai dari gaji PNS, pembangunan jalan, pembangunan gedung, pembelian barang kantor pemerintah, dana pendidikan, subsidi, bantuan bencana alam, dan banyak lagi masuk ke dalam belanja negara. Belanja negara kita luar biasa besarnya. Sudah pasti pertama karena wilayah kita yang amat luas, serta karena negara kita masih dalam tahap berkembang. Analogisnya seperti balita yang butuh gizi, negara kita perlu diberi suntikan dana yang besar agar bisa tumbuh tinggi. Ada pula yang mengatakan alasan lainnya adalah korupsi, ini bisa iya bisa juga tidak terlalu berpengaruh. Mungkin nanti akan saya bahas lain kali.

Terakhir pembiayaan.Sederhananya orang akan melakukan dua hal, yaitu mencari uang lalu membelanjakannya untuk kehidupan sehari-harinya. Tapi terkadang kondisi tidak semulus yang kita inginkan. Ketika uang yang kita peroleh kurang makan kita akan meminjam untuk menutupi kekurangan tersebut. Lalu apabila kita kelebihan pendapatan, maka uang yang tidak habis dibelanjakan akan kita simpan. Itulah yang namanya pembiayaan. Negara kita akan meminjam uang dari luar negeri atau bisa juga dari dalam negeri dengan menerbitkan surat utang. Atau bisa juga berinvestansi dalam berbagai macam hal yang bertujuan mengamankan uang yang idle (Menganggur).

Sekarang kita sudah tahu beberapa istilah dalam definisi APBN. Secara sederhananya APBN ini adalah kebijakan atau keputusan pemerintah kita untuk menentukan bahwa tahun tersebut akan mencari uang berupa pendapatan seberapa besar, lalu uang tersebut akan digunakan untuk apa saja dan berapa jumlahnya, lalu untuk menstabilkannya langkah pembiayaan apa yang akan ditempuh.

Ini sangat penting kita ketahui karena kita sebagai wajib pajak yang menitipkan uang kita pada pemerintah harus mengetahui akan dikemanakan uang kita tersebut. Lalu dengan melihat pada APBN, kita juga dapat mengetahui fokus negara ini ke mana, atau akan melakukan apa negara ini.

Mungkin bagi orang awam struktur APBN ini agak rumit. Ya maklum sajalah, pikirkan saja seorang suami saja banyak yang pusing menentukan akan diapakan gaji bulanannya, beli ini dulukah? itu dulukah? atau nabung dulukah? Apalagi satu negara yang keinginannya macam-macam dan penduduknya jutaan. Sehingga untuk menyusun anggaran tersebut dibuat ilmu khusus yang mempelajarinya. Dan yang menyusun anggaran inipun sangat banyak karena harus melalui berbagai tahap.

Bila anda penasaran berapa sih jumlah pendapatan & belanja kita sekarang anda dapat mengintipnya di website kementerian keuangan di sini : http://www.depkeu.go.id/Ind/ (ada di sidebar sebelah kanan). Di situ ada kotak kecil bertuliskan APBN-P 2012. Itu adalah versi makronya, alias sudah digabung dan disederhanakan. Untuk versi lengkapnya di sini : http://www.depkeu.go.id/Ind/others/APBNP%202012/UU%20APBNP2012.htm . Bentuknya berupa Undang-Undang karena APBN merupakan sebuah aturan yang mengikat. Sehingga jika ada yang nakal dapat dijerat hukum.

Sebagai tambahan dalam kata APBN-P, huruf  “P” terakhir itu artinya perubahan. Jadi APBN yang terlah disahkan pada bulan Januari, secara rutin diubah pada bulan Juli untuk menyesuaikan nilai yang dapat berubah. Jadi APBN-P 2012 ini merupakan APBN 2012 yang telah diubah untuk digunakan sampai Desember nanti.

APBN Indonesia

Oh ya, tolong bedakan anggaran dengan realisasi. Kalau anggaran itu sifatnya perencanaan masa depan. Sedangkan Realisasi adalah yang sudah benar-benar terjadi atau masa lampau. Untuk Realisasinya, itu berupa laporan keuangan. Contohnya laporan keuangan untuk tahun 2010 di sini : http://www.depkeu.go.id/Ind/others/InformasiPublik/LKPP2010.pdf (Size 33 MB). Berupa LKPP (Laporan Keuangan Pemerintah Pusat), yang isinya lengkap pertanggung jawaban tentang apa yang dilakukan negara ini pada tahun 2010.

Hhahaha… jarang-jarang saya menulis artikel seperti ini. Maaf jika anda kurang mengerti, saya berusaha menulis sesederhana mungkin tetapi tetap berusaha di jalur yang lurus :D Dan jika ada kesalahan mohon koreksinya. Terima kasih.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Astral Tips!

Ada masalah dengan blog ini? Klik di sini!
Atur zoom layar. tekan CTRL + Scroll Mouse
Gambar tidak keluar? tekan F5!
Kurang jelas? Tekan F11!

Kategori Tulisan

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 172 pengikut lainnya.

Komunitas

GOOGLE Translator

BING Translator

Perlengkapan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 172 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: