Beranda » COMPUTER » COMPUTER HARDWARE » Hardware : Pengenalan Input Device

Hardware : Pengenalan Input Device


Hardware dalam komputer dibagi ke dalam 3 bagian, yaitu input device, output device, dan Process device (ada yg membaginya ke dalam beberapa bagian lagi tapi saya masukkan saja ke dalam process device saja).

Input device adalah semua perangkat keras (pada komputer) yang berfungsi memasukkan data atau perintah dari luar komputer ke dalam Processing unit / Process device, yang kemudian diproses lalu ditampilkan atau dikeluarkan melalui output device. Beberapa hardware yang termasuk ke dalam input device antara lain :

Keyboard

Saat ini desain keyboard telah tersedia ke dalam bermacam-macam bentuk, warna, dan kualitas. Ada juga yang disebut dengan keyboard gaming yang memaksimalkan kinerja keyboard untuk bermain video game. Tetapi pada intinya, keyboard berfungsi untuk memasukkan data berupa huruf, angka, simbol, dan berbagai perintah pada unit processing.

Desain keyboard diilhami mesin tik yang diciptakan dan dipatenkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington. Keyboard yang digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization). Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.

Keyboard

Keyboard

Keyboard

Pointing Device atau Mouse

Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface). sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah. Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click) dimana penekanan ini akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk, tetapi bila tidak berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan diabaikan. Selain itu terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan menggeser (drag) yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil digeser. Drag ini akan mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin ke objek lain dan kemungkinan lainnya. Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan teratur disebut dengan klik ganda (double click) sedangkan menekan tombol kanan mouse satu kali disebut dengan klik kanan (right click).

Mouse

Wireless Mouse

Gaming Mouse

Selain mouse, pada laptop juga terdapat touch pad, track ball, pointing stick yang memiliki fungsi sama dengan mouse. Namun yang tidak terbiasa dengan input ini, atau merasa kurang nyaman biasanya akan tetap menggunakan mouse standar.

Track ball

Pointing Stick

Touch Pad

Terakhir adalah input tipe pointing yang mulai banyak digunakan saat ini, ialah touch screen. Touch screen dapat didefiniskan sebagai layar tampilan komputer yang sensitif terhadap sentuhan manusia, sehingga seseorang dapat berinteraksi dengan komputer dengan cara menyentuh gambar atau tulisan yang terpampang pada layar komputer.

Layar laptop dengan sistem touch screen

Imaging and Video input devices

Input jenis ini adalah hardware yang dapat menangkap gambar atau visualisasi ke dalam bentuk digital berupa file image atau file video.

Digital Camera

Penggunaan Camera terpisah

Webcam

Webcam Desktop

Webcame Laptop

Image Scanner

Scanner

Fingerprint Scanner

Fingerprint Scanner

Barcode Reader

Barcode Scanner

3D Scanner

3D scanner

Laser Range Finder

Produksi Nikon

Audio Input Devices

Segala macam suara direkam oleh input jenis ini. Agar sebuah suara dapat diproses oleh sistem unit komputer, diperlukan Audio-input devices yang dapat meng-konversikan bentuk suara tersebut menjadi struktur yang akan diproses.

Voice recognition systems yaitu Pengenal suara yang mempunyai kemampuan untuk mengenal secara spesifik suara individual (Discrete-speech, Continuous-speech), mirip dengan pengenalan sidik jari. Teknologi ini memiliki kemampuan untuk menafsirkan kata-kata yang diucapkan oleh manusia. Dalam pengaplikasiannya dengan menggunakan teknologi ini, dapat memberi perintah kepada komputer secara lisan. Misalnya dengan menulis surat tanpa perlu mengetiknya. Untuk itu dibutuhkan sebuah mikrofon.

Microphone

Mikrofon

Mikrofon pada headset

MIDI keyboard or other digital musical instrument

Ini adalah input device khusus yang merekam permainan musik pengguna dan mengolahnya menjadi data musik.

MIDI Keyboard

Jam guitar input

Composite devices

Penggabungan beberapainput device dalam satu hardware sering disebut dengan composite device. Sebenarnya mouse juga merupakan gabungan dua hardware input, yaitu pointing dan track ball. Namun composite device lebih merujuk pada penggabungan fungsi. Hal ini banyak ditemukan pada game controller. Contohnya joystick yang menggabungkan pointer dengan key button.

Game Controller Wireless

Wii Remote

microsoft kinect sensor

 

Beberapa referensi tulisan:

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Astral Tips!

Ada masalah dengan blog ini? Klik di sini!
Atur zoom layar. tekan CTRL + Scroll Mouse
Gambar tidak keluar? tekan F5!
Kurang jelas? Tekan F11!

Kategori Tulisan

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 172 pengikut lainnya.

Komunitas

GOOGLE Translator

BING Translator

Perlengkapan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 172 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: