Beranda » COMPUTER » SOFTWARE TUTORIAL » Cara menggunakan ePSXe

Cara menggunakan ePSXe


Ok, biar adil saya kasih tahu juga cara menggunakannya. Versi yg saya gunakan adalah versi 1.7 yg ada di link download post sebelumnya.

Selesai download, extract dengan winRAR di mana saja. Lalu akan keluar folder ePSXe 170 (di sebelahnya ada folder epsxe, itu versi sebelumnya). Jalankan programnya yg ber-icon joystik PS.

Lalu akan muncul jendela programnya. Klik config, dan pilih wizard guide.

Klik config>> dan next>> sampai tombol done. Bila tidak ada error massage yang keluar maka plugin sudah siap. Kalau mau mensetting plugin, misalnya mengubah ukuran layar fullscreen atau window atau setting sound dan lainnya tinggal pilih config dan pilih yang mau diubah (penjelasan lebih rincinya mungkin akan panjang).

Saatnya memulai game. Ada dua cara untuk memainkan game playstation ke dalam program ini, dengan memasukkan keping cd nya ke diskdrive atau dengan menjalankan file bertipe iso.

Bila anda punya cd gamenya, masukkan ke dalam diskdrive. Jangan lupa mensetting Plugin cdrom-nya dulu. Pilih config, klik cdrom, klik configure, lalu ganti “select cdrom letter” dengan diskdrive tempat anda memasukkan CD. Jika anda hanya punya satu cdrom pilih saja Firstcdrom. Jika lebih dari satu lebih baik sesuaikan letternya (pilihan firstcdrom mungkin bisa dipakai). Klik ok.

Sekarang pilih File > klik Run CDRom. Tunggu sampai gambar keluar pada jendela yang terbuka.

Settingan default yg saya buat (UPDATE!!!) :

Menggunakan plugin Pete’s D3D (DX6).

Note: Atur Desktop resolution sesuai setting resolusi layar monitor anda. Untuk Window size, gunakan di bawah ukuran tadi.

Sedikit pengalaman, epsxe ini adalaha emulator yg hampir kompatibel dengan seluruh game PSX. Beberapa game yg telah saya mainkan : FF IX (usa), Harvest Moon BTN, Rainbow six, digimon2-3, winning eleven, FF origins, civillization, FFTactic, saiyuuki, sim city, sim hospital dan sim theme park.

Jika ada pertanyaan yang tidak atau belum saya jawab, mungkin sudah pernah dibahas di komentar sebelumnya. (KLIK Older Comments!).

263 Komentar

  1. shino mengatakan:

    kak cara make cheat di ePSXe 1.7.0 gimana ya??? masukin atau cari cheat nya gmna?

  2. taufiq mengatakan:

    gan, mau nanya. ane mainin semua game, gerak2nya jadi cepet gtu ya di epsxe. cara biar gerak2 normal gimana, gan?

  3. reiki samudra mengatakan:

    met pagi bang
    ane lagi amen the legend of dragoon ni… tapi koq kagak bisa di save yaaa
    mohon petunjuk
    trims

  4. reiki samudra mengatakan:

    kalo ada skalian ya bang dimana aye bisa donlod the legend of dragoon yang bisa di save……..

  5. bidin...xxx mengatakan:

    kax kcih au link’a download FFIX coal’a kbnyakan mb bzar…tpie kalau pake part bsa gax..???

  6. rikimaru mengatakan:

    kk tlng udh di download tpi di bka kk error sh

  7. of the yart mengatakan:

    kk wktu main udh di open tpi kk error

  8. rendy henaldi mengatakan:

    gan cara bermain berdua pada psx gemna

  9. pascal mengatakan:

    maksih bnyak infonya ya gan,sangat bermamfaat buatku

  10. ogie mengatakan:

    agan aku kan punya ePSXe
    pada saat aku config pas next gagal knapa tu ya gan ???
    klo blh mnta no hp nya

  11. [...] STAN Corner You Tube Flickr Twitter Facebook Pengumpan RSS ← 31 Desember 2009 Cara menggunakan ePSXe → [...]

  12. Johnny mengatakan:

    gan…, ane pas coba
    yugi oh the forbidden memories gak bisa gan…, kenapa ya ?, harus run yang mana gan ?

  13. christiantoro mengatakan:

    gan kalo pasang ePSXe 170 harus memiliki RAM berapa gan masalahnya w maen make ram 128Mb ngadat mulu…… Pliss koment ya

  14. rustanto mengatakan:

    tutor cheatnya ada ga mbah?? udah download but ane ga bisa settingnya?? mohon petunjuk

  15. aldy mengatakan:

    gan kok pass aku mau setting config gak bisa?
    ada tulisan seperti ini
    epsxe detected that you haven’t selected a GPU plugin. please,select your favourite plugin and hit on config button
    tolong gimana caranya

  16. ranjhafriel mengatakan:

    tolong donk kasih tau cara”ya dr config yg lbh simple lg? ,untuk pentium 3 ,HD18,Ram250,window xp.
    I Need It
    Tnx yah!!

  17. mr.been mengatakan:

    t;g dong semu8a config sdh dia atur sesuai petunjuk

    tapi ttp sja layar htam kaya kg’ jln

  18. Gun mengatakan:

    gan.. kok ane pas maen xenogears pas abis yg tulisan2 yg ttg perang, tiba2 layar jd gelap.. ane kira awalny cdny rusak jd ane dl isony tp hasilny sama aj kira2 knp y?

  19. Trisana M Nugraha mengatakan:

    Bro gua maen Driver 2 sama armored Core kan tuh ada 2 cd di gamenya,, gua bingung mau nuker iso cd 1 ke cd 2 pas gua ganti, File>>Change disc>> Iso….. tetep ga bisa,,,,, terus gua ulik pake daemon tool,, gua bikin virtual cd roomnya buat disk 2 nah terus gua ganti dah tuh,, File >>> Run cd room ,, eh masih ga bisa padahal dah gua setting config-nya di drive G, drivenya virtual cd….. terus coba File>> change disc>> cd rom juga nda isa ….. PENCERAHAN PLEASE…. buat nuker CD1 KE CD2….

  20. BAGUS mengatakan:

    GAN WAKTU AKU MAEN YUG KOK GK BISA DI START PADAHAL SUDAH BISA

  21. fino mengatakan:

    kasih Game Bishi Bashi special ..
    dong ..

  22. Rabbani mengatakan:

    Gimana biar maennya bisa Fullscreen,…

  23. denrawan mengatakan:

    gan kalo game yg dimaeni cuma muncul lanyar item.. itu kenapa yaa?

  24. Jafar mengatakan:

    kenapa pas ngebuka game di epsxe ada tulisan directsoundcreate

  25. rahmat mengatakan:

    cara ngesave and load game harvest moon gmna gan…??

    • Sora Astral mengatakan:

      ya klo cara biasa tingsa save aja pas tidur itu kayak biasa
      tp gw lebih suka pake savestate, tinggal pencet F1 buat save, dan F3 buat load
      tapi harus pake plugin video pete, dan klo bro pencet F1 malah not responding berarti bro harus donlot epsxe di tempat lain, yg bermasalah epsxe.exe nya (tinggal diganti)

  26. fadil mengatakan:

    gan ane main fifa street 2 kalo gak bisa dibukak .. emang bisa dibukak tapi gambarnya hitam

  27. zulfiar h.n mengatakan:

    gan, klo game file pake part- part gtu gmna cranya gan..
    tlong ksitau detilnya gan

  28. deri mengatakan:

    gan knapa ya mau main game suikoden tp ga bisa
    keluar text error running epsxe ….
    terus pas mau main harvest moom malah blank hitam
    knapa ya gan ?

  29. Namir Arsalan mengatakan:

    gan kok pas ane mainin kok muncul item ya ?
    blank gitu

  30. Gempol mengatakan:

    Gan ane maen nascar pake epsxe plugin pete’s DX6, klo gambar visual mobil ama jalanya jernih tpi klo untuk tulisan spidonya kok g jernih ya gan.??
    tolong pencerahanya donk gan. . .
    jdi biar smpurna kyak di PS1 gtu.,

    • Sora Astral mengatakan:

      Bisa diotak-atik bagian textures dan compability. Tapi jangan terlalu berharap akan sama persis dengan console nya. Karena hardware yang kita gunakan juga berbeda spesifikasinya.
      Coba gunakan scanlines jika agan dulu terbiasa main psx di pakai layar televisi.

  31. ijaaalll mengatakan:

    ini donwload program gamenya dimana bang
    terus cara makenya gimana

  32. ijaaalll mengatakan:

    bang klo error loading isofile tuh knapa bang

  33. jafron mengatakan:

    gan kalo setingan buat netbook hp mini gimana ya?kok kalau saya main Bloody roar gerakannya jadi lambat.kurangnya dimana ya?

  34. Amanda mengatakan:

    kak cara minimize gamenya gimana ya? saya main HM BTN

  35. rama dwiyantara mengatakan:

    kk cara memperbesar kapasitas memori gimana

Tinggalkan Balasan

Astral Tips!

Ada masalah dengan blog ini? Klik di sini!
Atur zoom layar. tekan CTRL + Scroll Mouse
Gambar tidak keluar? tekan F5!
Kurang jelas? Tekan F11!

Kategori Tulisan

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 172 pengikut lainnya.

Komunitas

GOOGLE Translator

BING Translator

Perlengkapan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 172 pengikut lainnya.

